Rabu, 12 Agustus 2009

Tradisi Dandangan Menjelang Ramadhan

Macet lagi.. Macet lagi....
Kudus mulai macet... huh....
Tauk knapa Kudus Macet..???? Ntu b'coz ada Tradisi Dandangan, tradisi yang dilakukan menjelang bulan Ramadhan. n taon nui tradisi ntu dimulai tanggal 12 Agustus 2009. ntu artinya... hari ini dimulai....

ehm... kalian tau ga apa itu Tradisi dandangan..??

Tradisi Dandangan adalah tradisi yang sudah lama ada di Kudus yang diadakan setiap tahun menjelang bulan Ramadhan. Dandangan diadakan dengan cara menggelar dagangan di lapak-lapak kaki lima selama 2 minggu menjelang Ramadhan, bahkan kadang-kadang hingga 1 minggu ramadhan. Mungkin semacam pasar malam, karena pada kenyataannya walaupun dandangan dibuka pagi hari, namun pengunjung paling ramai di malam hari. Apalagi pada malam-malam libur seperti hari jumat malam hingga minggu malam.

Ada banyak yang dijual di Dandangan ini, mulai dari barang pecah belah, makanan dan minuman, hingga furnitur alias mebel dengan kualitas standar. Berapa omzet per tahunnya saya tidak tahu, tapi yang jelas setiap tahun selalu banyak lapak yang berjualan dan semakin banyak pula yang berkunjung, baik membeli ataupun hanya melihat-lihat saja.

udah tauk khan tentang tradisi dandangan..???

eummm.... sebenarnya tradisi dandangan tuh bagus... karena keimanan dan perekonomian masyarakat Kudus bisa terjaga. Bagaimana tidak, kalau dengan adanya Dandangan ini, orang akan semakin menyadari -atau setidaknya ingat– bahwa Ramadhan sudah di depan mata, sehingga dapat menyiapkan diri menyambutnya (aspek keimanan); serta dengan Dandangan ini masyarakat -khususnya pedagang– dapat memperoleh penghasilan / keuntungan bagi diri dan keluarganya (aspek keluarga).

Tapi yang membuat q sebel ya... ntu tadi..... bikin macet.. huhu..... padahal sekolah q lokasinya d deket situ..... so.. klo ada kegiatan sore jalannya macet... n t'paksa w harus muter dueh... huhuhu

tpi gpp lah.. toh ga tiap hari.. n tradisi harus dilestarikan.. ya khan..????


0 komentar: